:2thumbup

Si Kecil

Si Kecil
tertawa bersama

Jumat, 14 November 2008

Susu Formula Si Kecil Proses Adaptasi

Meminum susu formula dari botol sangat berbeda dengan minum ASI, karena itu pada awalnya mungkin bayi anda menolak minum dari botol. Berikut beberapa petunjuk untuk mempermudah pemberian susu formula.

Jangan memberikan susu formula kepada bayi dibawah umur 2 minggu. Periode ini adalah masa untuk memantapkan produksi dan pemberian ASI. Jika anda tidak ingin menunggu terlalu lama untuk memberikan makanan suplemen, coba lakukan hal tersebut sebelum bayi berumur satu bulan.

Bila anda memberikan susu formula, sebaiknya ada orang lain yang membantu anda untuk memberikan susu formula tersebut kepada bayi anda. Ikatan yang telah terbentuk antara bayi dan anda selama masa menyusui kadang membuat bayi menolak susu formula yang anda berikan.

Bila bayi menolak susu formula yang anda berikan, besarkanlah hatinya dengan bujukan dan belaian lembut. Sebelum mencoba memberikan susu formula, pastikan bayi dalam keadaan tenang dan suasana hatinya sedang baik.

Apabila semua cara gagal, coba ganti dotnya dengan jenis, bentuk atau merek lain. Biasanya bayi menyukai jenis dot tertentu saja. Jikalau bayi biasa menggunakan empeng, usahakan dotnya pun berbentuk sama.

Tidak selalu bayi minum susu formula sampai habis. Instruksikan kepada pengasuh supaya jangan memaksa bayi apabila minumnya melambat atau berhenti sama sekali.