:2thumbup

Si Kecil

Si Kecil
tertawa bersama

Senin, 15 Desember 2008

Tips Untuk Mengajak Si Kecil Berpergian

Banyak orangtua merasa segan membawa bayi mereka keluar rumah padahal udara segar baik sekali untuk bayi. Alangkah baik membiasakan bayi bepergian. Berikut ini beberapa tip bepergian dengan bayi anda.

Di beberapa negara ada keharusan menggunakan tempat duduk bayi untuk melindungi keselamatannya bila terjadi kecelakaan. Memangku bayi sambil menyetir mobil adalah tindakan sangat berbahaya.
Pastikan tempat duduk bayi yang anda beli memenuhi standar keamanan yang ditetapkan. Pilih jenis yang dapat dipasang dan dilepas dengan mudah. Yang paling efektif adalah tempat duduk yang dilengkapi dengan 2 sabuk pundak, satu sabuk paha, dan satu sabuk selangkangan.
Siapkan tempat duduk tersebut sebelum melahirkan sehingga sudah dapat digunakan pada waktu pulang dari rumah sakit.
Selalu menggunakan sabuk keselamatan sekalipun perjalanannya singkat. Kebanyakan kecelakaan terjadi dekat rumah.
Bawalah bayi anda pada waktu membeli alat gendong (frontpack atau backpack carrier), agar mendapat yang sesuai ukurannya.
Pilihlah gendongan yang menopang punggung bayi, kuat, dan kedua lobang kaki tidak terlalu besar agar bayi tidak merosot keluar.
Bila membeli gendongan jenis backpack, pilihlah yang rangkanya disalut bantalan agar bayi tidak merasa sakit ketika terbentur.
Tidak ada standar yang mengatur keamanan kereta bayi, karena itu pilihlah dengan cermat mana yang paling aman bagi bayi anda.
Kalau menggunakan kereta bayi yang bisa dilipat, pastikan bayi tidak dapat menarik gagang pengamannya.
Kereta bayi harus mempunyai rem. Gunakan rem tersebut pada waktu kereta dalam keadaan berhenti.
Pilih kereta bayi yang bentang dasarnya lebar agar tidak mudah terbalik.
Jangan sekali-kali menggantungkan tas atau barang berat pada pegangan karena dapat menyebabkan kereta bayi terbalik ke belakang.
Jangan sekali-kali meninggalkan bayi anda dalam kereta tanpa ditunggui.
Jika bayi anda sangat aktif, pasang sabuk pengaman untuk mencegahnya membungkuk keluar kereta.
Apabila bepergian dengan pesawat udara, mintalah petunjuk keselamatan bayi kepada pramugari.

Di daerah/udara dingin bayi memerlukan pakaian berlapis-lapis agar tidak kedinginan. Biasanya terdiri dari kaus dalam, popok, piyama yang ada sepatunya, lalu dibedung dengan selimut tebal berpucung. Kalau perlu, pakaikan topi supaya lebih hangat.
Kalau bayi anda prematur, mungkin dia memerlukan satu lapis tambahan lagi. Mintalah petunjuk dari ahli kesehatan anda.
Dalam suhu udara diatas 24ºC (75ºF) satu lapis pakaian sudah cukup, tetapi jauhkan dia dari hembusan angin dan pakaikan baju hangat sebelum memasuki ruangan berpendingin udara.
Sebagai patokan, bayi akan lebih nyaman apabila menggunakan pakaian satu lapis lebih banyak dari anda.
Pada waktu memilih pakaian bayi, carilah baju yang berkancing tekan (atau retsleting) sampai ke kaki agar lebih mudah mengganti popok.
Baju yang terbuat dari kain stretch dan berlengan longgar juga memudahkan mengganti pakaian.

Jadwal makan dan tidur yang ketat sebenarnya lebih menyangkut kualitas hidup anda ketimbang kebutuhan bayi. Memang baik dan menyenangkan bila selalu menepati jadwal, tetapi anda perlu lebih fleksibel.
Perpindahan dari satu tempat ke tempat lain dapat mengganggu kebiasaan makan dan tidur bayi.
Jangan kuatir apabila sepanjang perjalanan bayi makan dan tidur lebih banyak atau lebih sedikit, atau pada jam yang berbeda dari biasanya. Polanya akan kembali normal ketika tiba kembali di rumah.
Apabila anda membawa bayi dalam perjalanan jauh, berilah kesempatan beberapa hari kepadanya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan waktu.

Bawalah barang-barang yang dikenal dan disenangi bayi, misalnya mainan atau selimut kesayangannya, yang membantu dia beradaptasi dengan lingkungan baru.
Apabila memberikan susu botol, bawa persediaan ekstra jikalau kepulangan tertunda.
Hindari memberikan makanan baru. Berikan yang sudah dikenal dan disukainya.
Masukkan perlengkapan bayi dalam tas tersendiri supaya mudah ditemukan dengan cepat pada saat diperlukan.

Temui ahli kesehatan anda untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang cara bepergian dengan bayi.